Modul 1 |
Dalam penilaian hasil belajar siswa sering dibahas mengenai tes, pengukuran asesmen dan evaluasi.
Secara umum alat ukur dibagi menjadi 2 yaitu tes dan non tes. Tes dan non tes saat digunakan untuk mengamati dan mengukur hasil belajar siswa akan menghasilkan angka-angka.
Angka-angka hasil pengukuran apabila dilengkapi dengan data-data pengamatan kemudian ditarik kesimpulan maka dapat disebut dengan asesmen.
Evaluasi dilakukan untuk mengetahui seberapa efektif sebuah program pembelajaran dengan cara
mengumpulkan data kemudian mengolah dan membandingkannya dengan target yang telah direncanakan.
Prinsip dalam penilaian adalah menyeluruh, berkesinambungan, adil, objektif, terbuka dan bermakna.
Sebelum membicarakan penilaian dalam pembelajaran, ada baiknya kita
menyamakan persepsi terlebih dahulu tentang konsep dan pengertian yang
akan kita gunakan. Pada saat membicarakan masalah penilaian, kita sering
menggunakan beberapa istilah seperti tes, pengukuran, asesmen, dan evaluasi
yang digunakan secara tumpang tindih (over lap).
Kita sering rancu dalam menggunakan istilah-istilah tersebut karena keempat istilah itu terjadi dalam satu kegiatan yaitu pada saat kita menilai hasil
belajar siswa. Contoh: pada ulangan harian, Intan dapat menjawab tiga dari
lima pertanyaan tes uraian tetapi pada ulangan harian sebelumnya Intan
hanya dapat mengerjakan dua dari lima butir soal yang disediakan.
Dari data
tersebut Anda menyatakan bahwa Intan telah mengalami kemajuan dalam
belajar. Ini berarti pembelajaran yang Anda lakukan cukup berhasil. Dari
contoh tersebut, sebenarnya Anda telah melakukan tes, pengukuran, asesmen,
dan evaluasi.
Pertanyaan-pertanyaan yang Anda berikan kepada Intan adalah contoh
alat ukur untuk mengukur hasil belajar Intan.
Alat ukur tersebut mengacu
pada pengertian tes. Keberhasilan Intan menjawab dengan benar tiga dari
lima pertanyaan merupakan hasil pengukuran. Penggunaan alat ukur yang
menghasilkan angka-angka ini mengacu pada pengertian pengukuran. Setelah
Anda membandingkan hasil ulangan harian pertama dan kedua, Anda menilai
bahwa Intan telah meningkat hasil belajarnya. Pernyataan ini mengacu pada
pengertian asesmen. Sedangkan pernyataan Anda tentang keberhasilan
pembelajaran yang telah Anda lakukan telah mengacu pada pengertian
evaluasi.
Download
0 komentar:
Post a Comment