Saturday 4 December 2021

MODUL1 Konsep Dasar Penilaian dalam Pembelajaran Evaluasi Pembelajaran

0 komentar

Modul 1

 
Dalam penilaian hasil belajar siswa sering dibahas mengenai tes, pengukuran asesmen dan evaluasi.

Secara umum alat ukur dibagi menjadi 2 yaitu tes dan non tes. Tes dan non tes saat digunakan untuk mengamati dan mengukur hasil belajar siswa akan menghasilkan angka-angka.

Angka-angka hasil pengukuran apabila dilengkapi dengan data-data pengamatan kemudian ditarik kesimpulan maka dapat disebut dengan asesmen.

Evaluasi dilakukan untuk mengetahui seberapa efektif sebuah program pembelajaran dengan cara 
mengumpulkan data kemudian mengolah dan membandingkannya dengan target yang telah direncanakan. 

Prinsip dalam penilaian adalah menyeluruh, berkesinambungan, adil, objektif, terbuka dan bermakna.

Sebelum membicarakan penilaian dalam pembelajaran, ada baiknya kita menyamakan persepsi terlebih dahulu tentang konsep dan pengertian yang akan kita gunakan. Pada saat membicarakan masalah penilaian, kita sering menggunakan beberapa istilah seperti tes, pengukuran, asesmen, dan evaluasi yang digunakan secara tumpang tindih (over lap).

Kita sering rancu dalam menggunakan istilah-istilah tersebut karena keempat istilah itu terjadi dalam satu kegiatan yaitu pada saat kita menilai hasil belajar siswa. Contoh: pada ulangan harian, Intan dapat menjawab tiga dari lima pertanyaan tes uraian tetapi pada ulangan harian sebelumnya Intan hanya dapat mengerjakan dua dari lima butir soal yang disediakan.

Dari data tersebut Anda menyatakan bahwa Intan telah mengalami kemajuan dalam belajar. Ini berarti pembelajaran yang Anda lakukan cukup berhasil. Dari contoh tersebut, sebenarnya Anda telah melakukan tes, pengukuran, asesmen, dan evaluasi. Pertanyaan-pertanyaan yang Anda berikan kepada Intan adalah contoh alat ukur untuk mengukur hasil belajar Intan.

Alat ukur tersebut mengacu pada pengertian tes. Keberhasilan Intan menjawab dengan benar tiga dari lima pertanyaan merupakan hasil pengukuran. Penggunaan alat ukur yang menghasilkan angka-angka ini mengacu pada pengertian pengukuran. Setelah Anda membandingkan hasil ulangan harian pertama dan kedua, Anda menilai bahwa Intan telah meningkat hasil belajarnya. Pernyataan ini mengacu pada pengertian asesmen. Sedangkan pernyataan Anda tentang keberhasilan pembelajaran yang telah Anda lakukan telah mengacu pada pengertian evaluasi.






Download

0 komentar:

Post a Comment